57 Calon Taruna Akpol Polda Sultra Ikuti Tes CAT Psikologi, 8 Peserta Dinyatakan Gugur

57 Calon Akpol Polda Sultra mengikuti Computer Assisted Test (CAT) Psikologi. Foto: Istimewa.

Simpulsultra, Kendari — Sebanyak 57 peserta yang terdiri dari 52 laki-laki, dan 5 perempuan mengikuti Computer Assisted Test (CAT) Psikologi calon Taruna Akademi Polisi (Akpol), Rabu (8/5/2024).

Sebelumnya mengikuti tes, seluruh peserta diperiksa dan dijaga dengan ketat oleh panitia, pengawas internal maupun eksternal sebelum memasuki ruangan dan saat tes berlangsung ol untuk mencegah terjadinya kecurangan.

Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Danang Beny melalui Kabag Dalpers, AKBP Saminata menuturkan, penerimaan anggota Polri berpedoman pada prinsip BETAH yakn Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

“Kami berkomitmen dalam penerimaan anggota Polri menerapkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,” ujar AKBP Saminata.

Lebih lanjut dijelaskan, tes psikologi merupakan serangkaian ujian yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis para calon Polri. Tujuannya untuk mengukur berbagai kemampuan, mental, emosi, serta unsur psikis lainnya.

“Setelah mengikuti tes, hasilnya langsung ketahuan yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Ungkapnya, dari hasil tes didapati ada 8 peserta yang dinyatakan tidak lulus karena tidak mencapai nilai yang ditentukan.

“Hasil tes hari ini 8 peserta laki-laki dinyatakan tidak memenuhi syarat. Jadi yang mendapatkan nilai 61 ke atas otomatis akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yaitu tes akademik,” tandasnya.