Kades Baruga: Bangga Dikunjungi Presiden, Pemerintah dan Warga Desa Baruga Dukung Penuh Peresmian Bendungan Ameroro

Kepala Desa Baruga, Askun. Foto: Istimewa.

Simpulsultra, Konawe — Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dijadwalkan akan kembali menginjakan kaki di Bumi Anoa untuk meresmikan Bendungan Ameroro, Kabupaten Konawe, Senin (13/5/2024) mendatang.

Seperti yang diketahui, pembangunan Bendungan Ameroro merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), yang memiliki tujuan vital untuk penyediaan air bagi lahan pertanian, pengendalian banjir, PLTA dan PDAM. Tujuan vital tersebut diharapakan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam proses pembangunan bendungan sendiri melibatkan sejumlah tenaga lokal dan non lokal, sehingga menjadi satu lapangan kerja.

Kepala Desa Baruga, Askun mengungkapkan pemerintah dan masyarakat Desa Baruga, Kecamatan Uepai, Konawe yang wilayahnya terdampak pembangunan mendukung penuh rencana peresmian PSN Bendungan Ameroro.

“Untuk masalah ganti rugi tanaman tumbuh masyarakat di kawasan hutan seluas kurang lebih 503 hektar saat ini sedang berproses sesuai waktu yang ditentukan, yaitu tahap penilaian (Appraisal) oleh tim Jasa Penilai Konsultan Publik (JPKP) yang telah melakukan peninjauan lapangan minggu sebelumnya,” ungkap Askun.