Sambut Kunker Presiden Jokowi di Sultra Ratusan PAM VVIP Diterjunkan

Personel TNI dan Brimob Polda Sultra dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunker Presiden RI. Foto: Istimewa.

Simpulsultra, Kendari — Ratusan pasukan pengamanan (PAM) VVIP dari TNI-Polri, Pol PP, Dishub hingga Basarnas diterjunkan untuk menyambut serta menjaga kemanan kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Danrem 143/Halu Oleo (HO), Brigjen TNI Raden Wahyu Sugiarto dilaksanakan di pelataran Eks MTQ Kendari, Minggu (12/5/2024).

Seperti yang diketahui, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di Bumi Anoa, Senin (13/5) besok. Diagendakan, kunker presiden selama dua hari dan akan mengunjungi Kabupaten Konawe, Kolaka, Muna, dan Muna Barat (Mubar).

Untuk kunjungan di Konawe, Presiden Jokowi akan meresmikan Bendungan Ameroro yang terletak di Kecamatan Uepai.

Brigjen TNI Raden Wahyu Sugiarto menuturkan, pelaksanaan apel gelar pasukan untuk melihat secara langsung kesiapan pasukan TNI-Polri dan satuan tugas pendukung pengamanan VVIP lainnya yang akan bertugas mengamankan kunjungan kerja presiden.

“Harapan kita agenda kegiatan selama kunjungan dapat terlaksana dengan aman, tertib, dan lancar,” ujarnya.

Pengecekan kesiapan pasukan, lanjut Danrem, sangat penting dilakukan, karena kunjungan presiden di Sultra adalah tugas dan tanggung jawab bersama semua stakeholder.

Seluruh personel TNI-Polri dan satuan tugas pendukung pengamanan VVIP lainnya harus benar-benar melaksanakan tugas masing-masing dengan penuh tanggung jawab.

“Oleh karena itu, seluruh unsur yang terlibat secara langsung dalam pengamanan VVIP harus betul-betul dimaksimalkan persiapannya demi kelancaran kunjungan kerja bapak Presiden RI,” tegasnya.