Warga Terdampak Bendungan Ameroro Dukung Peresmian Bendungan oleh Presiden RI

Suasana peresmian Bendungan Ameroro oleh Presiden RI, Joko Widodo. Foto: Istimewa.

Simpulsultra, Konawe — Jelang kedatangan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka peresmian Bendungan Ameroro, Kecamatan Uepai mendapat dukungan dari masyarakat Konawe.

Dukungan tersebut datang dari berbagai pihak, khususnya warga terdampak Bendungan Ameroro yang diwakili Alamsyah selaku pendamping warga terdampak.

Alamsyah menuturkan, warga terdampak sangat mendukungan penuh pembangunan bendungan. Hal itu diungkap langsung saat bersama-sama warga menyaksikan iring-iringan rombongan Presiden RI menuju area Bendungan Ameroro, Selasa (14/5/2024).

“Kami mendukung kehadiran Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam rangkaian agenda peresmian Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Ameroro, sekali lagi kami selaku warga terdampak menyatakan mendukung penuh pelaksanaan Peresmian Bendungan Ameroro,” ucapnya.

Menurutnya kedepan, keberadaan Bendungan Ameroro sangat bermanfaat bagi masyarakat Konawe, terutama bagi warga masyarakat yang berada dekat dengan lokasi Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut.

“Kedepannya, kehadiran Bendungan tersebut akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, baik dalam hal irigasi, penyediaan air baku, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), maupun pencegahan banjir,” katanya.

Disinggung mengenai penanganan APL dan Damsos Ameroro, warga terdampak masih menunggu tahapan dan proses yang sementara berjalan.

“Tahapan dan proses penanganan Damsos dan APL sementara berjalan, kita bersama-sama mengikuti dan menunggu proses yang ada, insyaallah hak-hak warga masyarakat terdampak dapat terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, kelompok warga terdampak Bendungan Ameroro menolak rencana peresmian sebelum ganti rugi lahan APL dan Damsos dibayarkan.