Sebut Sultra sedang Sakit, Ruksamin: Jadi Sumber Energi Dunia, Itu Obatnya

Bupati Konawe Utara, Ruksamin. Foto: Simpulsultra.com.

Simpulsultra, Kendari — Menjadi pemateri dalam Leaders Talk Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Kendari, Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin menyebut Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang sakit di sektor ekonomi, Kamis (30/5/2024).

Bupati Konut dua periode itu juga menjelaskan, Sultra merupakan daerah yang memiliki berbagai aspek untuk menunjang perekonomian agar menjadi lebih baik.

“Jadi apa yang saya sampaikan tadi pertama, Sultra kondisinya seperti sekarang ini, mari kita simpulkan, dia sakit ka? Dia sehat ka Dia kurang sehat ka? Baik ekonominya, baik pertumbuhan ekonominya, dan kemiskinannya, di sisi lain apakah ada obat? Ada yang kita siapkan tadi, Sultra punya nikel, pertambangan, pariwisata, pertanian, dan perkebunan,” jelasnya.

Calao Gubernur Sultra itu menuturkan, permasalahan yang saat ini tengah dialami oleh Sultra adalah siapa yang akan mengobati kondisi ekonomi tersebut.

“Sekarang yang jadi pertanyaan siapa yang akan mengobati kalau dikatakan lagi sakit tadi? Seperti apa caranya dia obati tadi ini? Tadikan kita sudah bedah, bahwa lahirlah sebuah diagnosa, Sultra dalam keadaan seperti ini, padahal kita punya sumberdaya manusi dan sumber daya alam yang melimpah, maka dari itu obatnya hanya satu, yaitu kita lahirkan sultra menjadi Pusat Energi Dunia,” pungkasnya.