Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Kapolda Sultra: Bahu-Membahu Bumikan Nilai Pancasila

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila oleh Polda Sultra. Foto: Ist.

Simpulsultra, Kendari — Memperingati Hari Lahir Pancasila, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sultra, Irjen Pol Dwi Irianto, Sabtu (1/6/2024).

Dalam amanatnya, Irjen Pol Dwi Irianto membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudian Wahyudi.

Peringatan hari lahir pancasila Tahun 2024 mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Pancasila mengandung nilai luhur uang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika,” ujar Kapolda Sultra.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Irjen Pol Dwi Irianto mengajak segenap komponen bangsa dimanapun berada khususnya masyarakat Sultra untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan semua elemen masyarakat dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja. Yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesja,” tegasnya.